Rabu, 30 Desember 2015

Pantai Pandawa


Nama Pantai Pandawa baru mencuat belakangan ketimbang pantai Sanur, Kuta dan pantai-pantai Bali yang sudah familiar kita dengar.
 
Dulu, warga sekitar menyebutnya dengan Pantai Kutuh, sesuai domisili pantai ini yang berada di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.Jauh sebelum tahun 2000-an, akses menuju pantai ini cukup sulit. 

Untuk sampai di pantai ini, hanya orang yang berkendara roda dua saja yang bisa masuk, karena aksesnya masih seadanya. Itu pun kendaraan terpaksa ditinggal di atas bukit. Pengunjung harus turun ke bawah bukit melalui jalan setapak yang terjal, khas bukit kapur. 

Sampai pemerintah Bali membuka akses menuju pantai ini dengan membelah bukit kapur, Pantai Kutuh pun semakin banyak dikunjungi wisatawan, dan pantai ini pun dikenal dengan nama Pantai Pandawa, ini didukung dengan dibuatnya patung Pandawa berukuran besar di dinding bukit kapur yang dibelah.

Kata warga sekitar, kunjungan ke pantai ini semakin deras justru baru dua atau tiga tahun belakangan ini, itu setelah publikasi kian ramai bercerita tentang pantai 'ngumpet' ini.
Di kalangan bule, pantai ini justru kerap disebut sebagai Secret Beach. Itu karena lokasinya yang memang tersembunyi.



Posted By : Deny Ahmad Furqon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar