Rabu, 30 Desember 2015

Air Terjun Sri Gethuk


Sri Gethuk, mungkin masih sedikit asing nama ini ditelinga. 

bukan nama seseorang yang berjualan gethuk, melainkan nama sebuah air terjun yang tersembunyi disudut Yogyakarta, tepatnya di daerah Wonosari Gunung Kidul.

Relatif susah menuju tempat ini, karena belum ada angkutan umum yang melewati rute Sri Gethuk. Menggunakan kendaraan pribadi atau sewa mobil adalah salah satu cara yang jitu, terlebih jika pergi beramai-ramai akan terasa ringan biayanya.

Dari Kota Yogyakarta, tancap gas saja menuju Wonosari. Perjalanan sekitar 2-3 jam. disarankan start jam 4.30am atau bisa juga selepas subuh, karena pemandangan pagi hari disana sangat indah.
 
Sekitar jam 6 pagi lebih seuprit kami tiba dilokasi. Pos penjaga parkir masih kosong, begitu pula warung-warung yang menyediakan makanan atau minuman ringan dan masakan instan. terpaksa kami menunda sejenak ritual kopi pagi. Tapi semua itu tergantikan dengan sejuknya hawa dari dataran tinggi Yogya ini. hamparan perbukitan hijau dan semilir angin berhembus sejenak bisa menenangkan batin yang bergejolak karena hasrat ingin ngopi (hayah...).

Loket untuk rakit baru dibuka jam sekitar pukul 8 atau 9 pagi (tergantung musim, musim rame apa musim sepi)

Menuju spot air terjunnya sendiri ada dua alternatif, yang pertama dengan rakit dan yang kedua lewat darat menyusuri jalan setapak pinggir sawah. Jarak tempuhnya tidak terlalu jauh sekitar 10 menit jalan kaki.

Dan ternyata benar-benar menakjubkan, air terjun yg konon dihuni para mahluk jin ini.
Lokasi ini dipergunakan oleh Jin Anggo Menduro sebagai tempat penyimpanan salah satu instrumen gamelan dengan nama Kethuk. Hingga akhirnya menjelmalah nama air terjun itu menjadi Sri Gethuk. Menurutcerita penduduk setempat kadang dari arah air terjun terdengar bunyi gamelan tetapi jika ada manusia yang berusaha mencari maka sumber bunyi itu lenyap... 
 
Walaupun demikian tidak ada kesan horor sama sekali pada spot air terjun ini. airnya sejuk, jernih dan bisa buat mandi, tapi hati-hati tetap jaga standar keselamatan kalau pas berenang.

Lokasi di kawasan Desa Wisata Bleberan, tepatnya Padukuhan (Dusun) Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, DIY atau sekitar 41 km arah Tenggara Kota Yogyakarta. Koordinat GPS: S7°56'36" E110°29'21".

RUTE PERJALANAN

Jogja - Jl. Wonosari- Patuk - Sambipitu - Lapangan Gading (Lanud TNI AU) - Pertigaan Timur Lapangan Gading ke kanan arah Playen - Perempatan Pasar Playen - Menuju Arah Paliyan - Ikuti Papan Petunjuk Air Terjun Sri Gethuk (Pertigaan ke arah Desa Banyusoca) - Arah Goa Rancang Kencono - Air Terjun Sri Gethuk.

atau
 
Jogja - Jalan Imogiri Barat - Jalan Panggang – Kecamatan Panggang – Kecamatan Paliyan – Menuju arah Pasar Playen – Sebelum Pasar Playen belok kiri (Pertigaan arah Desa Banyusoca) - Arah Goa Rancang Kencono - Air Terjun Sri Gethuk.


Posted By : Gutz Wateva

Tidak ada komentar:

Posting Komentar