Kamis, 31 Desember 2015

Ekspedisi Nusantara Jaya Disambut Antusias Berbagai Komunitas

**Dinukil dari Jurnal Maritim Online


Ekspedisi Nusantara Jaya Disambut Antusias Berbagai Komunitas
Ilustrasi - Ekspedisi Nusantara Jaya
JMOL – Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) 2015 yang akan berlangsung bulan Juni 2015 mendatang mendapat antusias dari berbagai komunitas baik maritim maupun non maritim. Sejauh ini di antara perwakilan mereka telah mendaftarkan kepada email yang tertera di Jurnal Maritim. Menurut Sekretaris komunitas penggiat alam Jurnal Khatulistiwa, Airlangga, komunitasnya saat ini tengah melakukaan pendataan kepada anggotanya untuk mengikuti ekspedisi ini.

“Kita telah mendata beberapa anggota kita untuk mengikuti kegiatan ini. Kita sangat antusias sekali untuk mengikuti ekspedisi ini karena event ini akan memberikan pengalaman tersendiri dalam mengenal Indonesia dan wawasan kemaritiman,” ujarnya kepada Jurnal Maritim beberapa hari lalu.
Pria yang biasa disapa Angga ini lebih jauh menuturkan bahwa kegiatan ini sangat baik dalam menumbuhkan jiwa maritim khususnya bagi para pemuda.

“Tentunya event seperti ini sangat baik sekali, karena memang kita sebagai negara maritim maka perlu pengenalan maritim kepada generasi muda,” ungkapnya.
Jurnal Khatulistiwa merupakan komunitas yang bergerak di bidang penggiat alam baik darat maupun laut yang memiliki motto ‘Menelusuri Indahnya Nusantara’. Mengunjungi daerah-daerah di Indonesia merupakan aktivitasnya.

Senada dengan Angga, Wakil Ketua Generasi Maritim (Gen M) Andry Prasetyo menyatakan komunitasnya sangat tertarik sekali dalam mengikuti kegiatan ini.
“kita akan upayakan beberapa perwakilan dari anggota kami untuk mengikuti kegiatan ini,” tegas Andry.

Pria yang aktif dalam Pramuka ini juga tengah mensosialisasikan event ini kepada anak-anak binaannya. Namun, dirinya mengakui masih menyesuaikan dengan jadwal sekolah pada waktu pelaksanaan ekspedisi ini.

“Di bulan Juni anak-anak yang masih sekolah juga belum libur, padahal antusias mereka sangat besar. Tetepi saya berharap agar Kemenko Kemaritiman dapat memberikan dispensasi bagi peserta yang terbentur dengan jadwal sekolah agar mereka mendapat izin dari sekolahnya,” pungksanya.
Kendati demikian, Andry optimis paling tidak dirinya dan beberapa anak binaannya dapat mengikuti kegiatan ini. Memang berapa hal yang perlu diperhatikan oleh penyelenggara ialah mengenai perizinan kepada instansi dari calon peserta. Terutama bagi yang masih duduk di bangku SMU atau kuliah.

Saat ini sudah 30-an calon peserta ENJ yang mendaftar di email Jurnal Maritim. Kesempatan mendaftar pun masih terbuka bagi para calon peserta yang berminat mengikuti ENJ 2015. Jurnal Maritim bersama dengan Asosiasi Pemuda Maritim Indonesia (APMI) tengah dipercayakan oleh Kemenko bidang Kemaritiman dan Komando Lintas Laut Milter (Kolinlamil) untuk mengurus pendaftaran ENJ 2015.**


Baca juga catatan ENJ 2015 di :

ENJ 2015 Goes To Makassar Day 2 : "Sekarang Jalesveva Jayamahe, Dulu Biasanya Salam Rimba!"

ENJ 2015 Goes To Makassar Day 3 : "There Isn't Anything"

ENJ 2015 Makassar Day 6 : "Greetings From Kodingoreng Island"

 











Tidak ada komentar:

Posting Komentar