Kamis, 31 Desember 2015

Menengok Eksotisme Pantai Daerah Gunung Kidul Jogjakarta

Tak banyak diekspose, sesuai cara mencapai lokasinya, wilayah Gunung Kidul Jogjakarta memang menyimpan banyak eksotisme. Berikut dua diantaranya yang sudah disambangi beberapa awak Jurkhat.



Pantai Ngunggah

Kecamatan Panggang, Gunung Kidul, memang bukanlah daerah yang menjadi tujuan favorit bagi para wisatawan. Pasalnya, Panggang memang lebih minim destinasi wisata dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Gunung Kidul yang memiliki Pantai Baron, Pantai Indrayanti dan pantai-pantai berpasir putih lainnya.

Tapi siapa sangka, meski tidak seramai berbagai lokasi yang disebutkan tadi ternyata Panggang memiliki pantai-pantai tersembunyi yang tidak kalah indahnya seperti Pantai Ngunggah ini.
Karena lokasinya yang tersembunyi diantara bukit-bukit karang, membuat para wisatawan harus berjuang diserta niat dan usaha yang besar demi mencapainya.

Pantai Ngunggah cocok sekali bagi para petualang yang ingin menghabiskan waktunya dengan menyepi sembari menikmati keeksotisan pantai berpasir putih ini.
Beberapa waktu lalu Jurnal Khatulistiwa menyambangi pantai ini sambil camping ceria semalaman \m/






Pantai Gesing
 


Berada diantara bukit-bukit bertebing karang, Pantai Gesing memiliki keeksotismeannya tersendiri. Pantai yang dihuni masyarakat nelayan ini begitu indah dan patut dikunjungi. Air laut yang dangkal berwarna hijau kebiruan ditepian pantai berbalut pasir putih dan bebatuan karang dikedua sisinya menambah keelokan tempat ini.

 
Bersantai, sembari menikmati deburan ombak dan hembusan angin laut, menyantap ikan bakar sajian para ibu kampung nelayan atau sekedar berjalan jalan di bibir pantai, merupakan aktifitas yang dapat kita lakukan di sini.

Meski masih terbilang sulit menuju lokasi ini, bukanlah halangan untuk mengunjunginya. Jalur yang paling mudah adalah melalui dari Jogjakarta menuju Imogiri kemudian melanjutkan perjalanan kerah Panggang. Sebuah kota kecil di dipesisir pantai. Setelah sampai di daerah Panggang, kita harus melanjutkan perjalanan ke arah timur sampai bertemu pohon beringin besar yang berada Utara jalan. Dari pohon beringin itu kita berbelok ke kanan dan mengikuti jalan hingga sekitar 10km. Beberapa kilometer sebelum pantai, jalanannya tidak mulus, namun tetap bisa dilalui oleh kendaraan roda empat.

Untuk lebih mudahnya, dari Panggang, kita bisa menyewa jasa ojeg motor karena tidak ada angkutan resmi yang bisa mengantar wisatawan ke tujuan. Setelah sampai di Pantai Gesing, kita akan disuguhi pemandangan Samudra Indonesia yang terbentang luas. Letak Pantai ini menjorok dan berada dibawah bukit. Kita bisa menikmati Pantai dengan turun ke bibir pantai atau sekedar menikmatinya dari atas karang.

Pantai Gesing sungguh elok rupawan. Jauhnya perjalanan tidaklah berarti dengan pemandangan dan kearifan lokal yang disajikan penduduknya.

Posted by Firmanto Hanggoro



Baca juga :
Melongok Ngunggah, Eksotisme Pantai Tersembunyi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar