Rabu, 30 Desember 2015

Kopdar #13 dan Workshop Jurnalistik Travelling, Fotografi Travelling, Pemutaran Film bersama Anak-anak Sumur Batu


Tanggal 17 dan 18 April 2015 kemaren gue ngikut kopdar #13 komunitas Jurnal Khatulistiwa berkolaborasi dengan komunitas Bekasi Foto, mengangkat tema “Fotografi Traveling” dan ”Jurnalistik traveling”. Juga agenda tambahan dari Bekasi Foto, yaitu pemutaran film bersama anak-anak Sekolah Alam Tunas Mulia. Bertempat di Sumur Batu, Bantar Gebang.

Firman yang juga founder Jurnal Khatulistiwa kebetulan rumahnya sekabupaten sama gue tapi agak jauh, dia berbaik hati (re: gue maksa minta jemput) jemput gue dirumah trus lanjut kerumah dia lagi untuk berganti kendaraan mobil menuju alun-alun Bekasi yang saat itu jadi titik kumpul kali ini. Sebelum ke alun-alun, gue diajak Firman makan mie ayam brewok yang kata dia udah dagang sejak dia SD. Katanya enak. Tapi kayaknya yang ini sori man kita beda pendapat, mie ayamnya biasa aja. Sesampainya di alun-alun, tas tos sama anak Jurkhat yang sebagian belum gue kenal, tanpa menunggu lama gue sama Firman ditambah Nana, jurkhater lainnya, berangkat menuju Bantar Gebang. Kita juga janjian sama Kosim di belokan pom bensin Bantar Gebang. 45menit berlalu dan sampailah kita walaupun nggak ada tulisan “Selamat datang di Bantar Gebang”, tapi gue tauuuuuukarena daerah yang fenomenal ini memiliki bau yang khas. Yap betul! Bau sampah.
Sebelumnya gue udah sakit kepala, mungkin karena shock kucing gue abis mati digigit kucing lain yang beda ras. Iya rasis tuh kucing.Balik ke Bantar Gebang, sekolah alamnya nggak seburuk yang gue bayangin, ada apa ya namanya, jadi dari kayu gitu terbuka lega lagi, cukuplah buat rebahan orang-orang.
Sdit yg lagi udud njelasis sejelasjelasnya soal ENJ2015
Dibuka sama Adit yang bahas soal  Ekspedisi Nusantara Jaya2015 sambil nunggu Guts Wateva, pemateri “Fotografi Traveling” yang katanya dari Bandung tapi sepertinya tidak ada tanda tanda muncul, baunyapun tak ada. Selesai Adit bahas ENJ2015, Guts datang dengan temannya yang gue lupa namanya tapi hafal setiap lipatan di tangan dan kakinya.Guts datang nggak langsung kasih materi.Kasih istirahat dulu kali yak.Sambil nunggu, disetelin film dokumenter beruang boleh deh, dapet dari discovery channel, kata Erlangga yang biasa dipanggil Botak yang kebetulan lagi jadi operator laptop.Lumayan bikin gue anteng nontonnya.
Belum selesai film beruangnya, diganti sama Guts dengan film dokumenter. Sambil nonton film yang nggak ada terjemahannya itu tiba-tiba gue ilang dan nggak lama melek dengan semua orang lagi grak grok grak grok ngorok. Baiklah mungkin mereka semua lelah, mungkin bau sampah yang menggunung nggak jauh dari pendopo………. --NAH! PENDOPO!!!! Nama bangunan ini pendopo yang tadi gue bilang gue nggak tau namanya. Tau nih tiba tiba muncul-- bikin mereka mendengkur begitu merdunya swiiiiiing grok grok swiiiiing. Tapi ternyata udah pagi yah, terdengar Firman dari jauh teriak, “No, ayo No, ikut liat sunrisenggak ?!” Gue dari sini sambil ngucek mata yang ada circle eyenya ini pun menjawab, “Enggak, masih ngantuk!!”, terus gue ngilang lagi. Dan melek lagi dengan langit yang lebih sedikit terang ngorejat, langsung bangun kekamar mandi buat mandi dan bersih diri.
Kayaknya juga gue nggak ketinggalan kalo mau nyusul yang katanya summit attack di gunung sampah.Selesai mandi langsung gue nyusul. Waaaah iya anak-anak masih di puncak sana , tertancap bendera merah putih.
Treking di atas tumpukan sampah
Firman teriak lagi, “Lewat samping, lewat samping, No..”. Nengoklah gue ke samping kanan, alamakjaaang nggak ada jalan. Oh, ternyata gue salah jalan. Baiklah gue nyusul Firman dan yang lainnya sambil menutup idung. Sesampainya di atas yang dibilang puncaksama semua orang, semuanya bersorak seolah gue baru aja sampe di puncak gunung. Malah Guts bilang “No, tadi semua kita sujud sukur disini, kok lo enggak ?”, hahahahaaaaaa nggak bisa nahan tawa cablak gue, sujud sukur di atas gunung sampah.. Apa yang gue lihaaaaaaaaaat itu dia sekitar 4-6 hektar, maap kalo salah karna gue nggak bawa alat ukur. Itu sampah semua. Sempet terpikir mau diapakan ini sampah, tapi gue berusaha mengalihkan karna takut tambah bikin gue sakit kepala, apalagi masih inget sama kematian popoy(kucinggue) yang sampe sekarang aja gue masih belum bisa percaya. Lebay emang tapi ya #gituguemahorangnya ama binatang aja sayang … lama lupanya… apalagi sama kamyuuuuu
Foto-foto nggak pernah kelewat tiap gue ketempat baru, termasuk tempat yang isinya bekas semua kayak gini, juga tetep harus poto.Setelah selesai, langsung turunlah kita semua dengan gurauan-gurauan yang seolah olah kayak baru summit di gunung beneran.Seru juga ya. Tapi pusing bau sampah, “Mulut lo deket idung kali, No!”, teriak Firman. Dalam ati mikir, eh dalam ati ngomong sambil dikepala mikir, iya kali gue sikat gigi pake pasta gigi dari hotel yang entah dari kapan ada di wash bag.
yg pake buff Guts, yg bersongket Firman
Agenda kita hari Sabtu tanggal 18 yaitu materi fotografi dan jurnalistik traveling yang semalem udah pada ngantuk duluan.Dilanjut dengan pemutaran film anak.Tapi karna masih pagi santai santai dulu deh, gue dan sakit kepala gueyang dari semalem nggak pergi pergi ditambah lemes cuma bisa tiduran di pojok…. --ahh apaan tuh gue lupa lagi namanya-- mau tidur dulu dengan harapan kalo gue bangun sakit kepala dan lemesnya ilang. Eh, tapi si Firman pamit mau pulang kerumahnya buat anter mobil yang mau dipake keluarganya ke Garut. Tapi sebelum gue tidur, ada guru PAUD Sekolah Alam Tunas Mulia yang nyamperin ke pendopo, disangka kita mau ngisi waktu kosong anak-anak PAUD.
“Nah No, nah No..”Duuuuh, gue ga pernah nganuin anak kecil.Tapi ya udahlah sedikit hiburan. Sedikit banget, karna gue masuk lingkaran cuma kenalin diri gue terus gue lempar lagi ke Risky, anak  Bekasi Foto, hahahaha… Maapin kakak yang bingung mau ngapain adek-adek berbaju olahraga merah kuning  ijo dilangit yang biru pelukismu agung terang lucu lucu kayak candil tinggal kasih kelapa parut sama gula.
Waaa..gue berhasil tidur dan bangun dengan perut yang lafaaaaar tapi sakit kepala nggak ilang ilang. Firman juga belom dateng lagi. Eh, tapi pada kemana orang-orang??? Oh, pindah keperpustakaan yang berseberangan sama pendopo…… Nah,pendopo !!!Baru inget lagi gue. pendopo pendopo pendopo pendopo *ngafalin biar ga lupa* .disana sudah bersiap siap Guts memberikan materi fotografi rupanya, guepun menyusul dengan es teh manis dan bakwan boleh beli bayarnya entar kalo nggak lupa yang ada di warung kecil deket-deket perpustakaan. Sambil Guts kasih materi sambil gue makan bakwan. Materi fotografi traveling ini dirasa dapat membantu awak jurkhat yang akan mengikuti ENJ2015 juni nanti. Guts udah mau selesai tapi Firman belum datang juga.
Guts waktu kasih materi
Ngutang materi nih Firman! Mudah-mudahan sebelum dia berangkat ke Milan udah bayar utang. Masa kita nunggu setahun, Man??!!Sementara pemutaran film “Cahaya dari Timur” berlangsung, gue balik lagi ke pendopo, selonjoran lagi, tiduran lagi bak tai males karna sakit kepala ini tak kunjung pergi. Sepertinya makin jadi sakit kepala gue ini, balik kanan kiri tengkurep celentang nungging tengkurep jengjet…. nggak ilang.
Bang dop atau dope atau D.O.P(direct of photography) atau dove (shampo wangi yg melembutkan rambut) abaikan ejaan namanya, begitu gue denger dia dipanggil dop atau dope atau…. Ah, sudahlah. Bang Dop manggil gue buat bikin 16 kuis tentang film yang diputar buat anak anak Sekolah Alam Tunas Mulia yang hadiahnya kaos bersablon Bekasi Foto, selebihnya gue lupa. Baiklah gue buat 16 pertanyaan seputar film.Singkat waktu film selesai diputar, gue masuk bawa 16 kaos dan sedikit mengalihkan perhatian anak anak itu.Mungkin dalam pikiran mereka, gue mau jualan kaos, mungkin mau bagi bagi, mungkin ini hadiah kuis. Yap, hadiah yang bener!
oh ayah wajahku kenapa mirip denganmu hfft
Satu persatu pertanyaan terlontar dan gue dengan gaya gue yang kaku karna ternyata susah bawa acara anak-anak dibanding seumuran gue atau lebih, belum terbiasa aja. Mudah mudahan seru karnasama anak-anak … 
Ohhhhh! Gimana biar mereka ketawa, gimana biar mereka lebih antusias, atau emang mereka semua nggak suka ketawa atau gue yang…. yang nggak bisa bawa suasana dikota santri asik tenangkan hatitapi bener deh gampangan bawa acara yang orang-orangnya lebih dewasa atau sepantar sama gue. Karna gue nggak bisa bergaya kayak Kak Nunu atau Kak Seto atau Kak Ria Enes atau Tatang dengan cepot di tangannya. Tapi, alhamdullillah mereka sedikit terhibur.Kali. 
Akhirnyaaaaa selesai juga… Setelah itu, kita berfoto-foto ria lagi dengan anak anak Sekolah Alam Tunas Mulia dan temen temen Jurkhat. Beres beres di pendopo bentar, kemudian kita pamitan.
Jujur itulah kali pertama gue berinteraksi dengan anak anak. 
Seru, nervous, keringetan.Tapi terimakasih Jurnal Khatulistiwa dan Bekasi Foto yang udah bikin acara ini.
Posted By : Enno
Baca juga disini
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar