Kamis, 31 Desember 2015

Lumba lumba Pantai Lovina



Perjalanan kali ini adalah menuju Pantai Lovina. Bagi yang memilih Pulau Bali sebagai tempat berlibur maka menyelipkan Pantai Lovina sebagai salah satu objek wisata yang akan dikunjungi adalah tepat!

Lokasinya lumayan jauh memang, yaitu sekitar 9 km sebelah barat kota Singaraja, sedangkan dari kota Denpasar memerlukan waktu tempuh sekitar 2-3 jam dengan kendaraan bermotor dalam kondisi normal.

Apa sih keistimewaan pantai Lovina? Namanya juga pantai, pasti banyak pasirnya hehehe. Tapi yang unik dari Pantai Lovina ini adalah arti dari namanya sendiri Lovina, konon diambil dari 2 kata Love dan Ina, Menurut A.A. Panji Tisna,tokoh adat setempat. Lovina memiliki makna filosofis, campuran dua suku kata "Love" dan "Ina". Kata "Love" dari bahasa Inggris berarti kasih yang tulus dan "Ina" dari bahasa Bali atau bahasa daerah yang berarti "ibu". Kemudian arti "Lovina" adalah "Cinta Ibu" atau arti luhurnya adalah "Cinta Ibu Pertiwi". Sangatlah membanggakan!


Keistimewaan lainnya adalah Pantai ini banyak dihuni oleh kawanan ikan lumba-lumba, yang menjadikan pantai ini dikenal dengan natural Dolphin Shownya. Betul! kita bisa melihat lumba-lumba berkejar-kejaran dalam kelompok kelompok yang berjumlah banyak. menyenangkan sekali.

Untuk mendapatkan pertunjukkan yang menakjubkan itu, maka yang harus kita 'korbankan' :

  • Waktu Tidur. Disarankan dengan sangat! Untuk datang pagi buta untuk sekalian melihat sunrise, untuk itu jika kita menginap di area Denpasar dan sekitarnya, maka harus berangkat sekitar jam 2 pagi waktu setempat. Apabila kesiangan kita bakal susah cari perahu dan kehilangan moment sunrise yang menakjubkan.
  • Biaya untuk sewa kendaraan.Harus menggunakan kendaraan pribadi atau ikut paket tour, atau menyewa kendaraan, banyak agen rent car tersebar dipenjuru Bali. Saya menyarankan untuk menyewa mobil, krn lebih effisien terlebih jika bepergian bersama teman - teman, bisa lebih murah biayanya.
Perjalanan menuju Pantai Lovina sangat mudah, tinggal mengikuti rambu jalan menuju Singaraja, menyusuri jalan aspal yang juga merupakan jalan utama.

Sesampainya di Area Pantai Lovina, biasanya (jika tidak kesiangan) kita akan disapa oleh calo atau bahkan pemilik perahu langsung, yang menunggu dipinggir jalan menuju pantai, maka transaksi lgs dilakukan ditempat, untuk menyewa perahu yang bisa mengangkut sampai dengan 5 penumpang ini dikenakan biaya sekitar Rp 60.000/orang (bisa ditawar, bisa juga tidak). Setelah sepakat maka kita akan dikawal menuju perahu, dan mulai menuju laut sekitar pukul 5 pagi. Udara masih sejuk, angin berhembus tenang, seiiring mesin perahu berderu memecah riak - riak pantai. Durasi melaut sekitar 2 jam (karena diatas jam 7 pagi sinar matahari mulai terasa menyengat).

Menyaksikan sang surya menyeruak dari kegelapan dan menyemburkan bias warna jingga ke langit dari atas perahu kayu sederhana diatas laut lepas, seiring dengan kawanan lumba-lumba yang mulai genit berlompatan dan berkejar-kejaran, sungguh pengalaman yang tidak bisa dilupakan, terbayarlah mata sepet yang dari tadi nagih secangkir kopi karena harus bangun terlalu pagi. Luar Biasa!
Keindahan alam yang harus selalu kita jaga, Indonesia yang akan selalu kita banggakan, warisan besar yang harus selalu kita kawal sampai kapanpun, Khatulistiwa kami tercinta.

Estimasi perhitungan biaya perjalanan hingga tulisan ini dimuat :

- Sewa mobil 24jam tanpa sopir (avanza/apv) : Rp.200.000
- Bensin : Rp.200.000
- Sewa perahu perorang: Rp. 60.000. Jika bepergian dengan 4 orang biaya bisa ditanggung bersama.

Selamat piknik!

Posted by Guts Wateva

Tidak ada komentar:

Posting Komentar