Minggu, 31 Januari 2016

Menengok Rumah Si Pitung, Pahlawan Legenda Pesisir Jakarta

Keberadaan tokoh Si Pitung bagi masyarakat Nusantara khususnya warga Jakarta dan sekitarnya sangatlah melegenda. Bukan saja karena dirinya seorang Jawara jago silat yang baik budi tetapi sepak terjangnya yang begitu berani membela kaum miskin di masa maskapai dagang V.O.C Belanda menjajah negeri ini patut diteladani.

Meski hanya tinggal kisahnya yang melegenda namun kita masih bisa menemukan sisa-sisa peninggalannya di sebuah rumah panggung berwarna merah bata di pesisir Pantai Cilincing, Jakarta. Disana kita bisa melihat dan mengetahui dengan lebih jelas lagi bagaimana kehidupan Si Pitung semasa hidupnya seperti barang-barang yang diyakini sebagai milik pribadi hingga alat masak dan mencari ikan di masa itu.

Banyak hal dari dirinya yang bisa dijadikan teladan dalam hidup bermasyarakat seperti menghormati setiap orang dan mengutamakan kesejahteraan masyarakat kecil di atas kepentingan pribadi, berani bertindak dan berkorban demi kebenaran meski nyawa menjadi taruhan. Itulah Si Pitung dari Pesisir Jakarta pembela rakyat miskin, kisahnya yang melegenda begitu menginspirasi hingga kini.











Teks dan foto : Firmanto Hanggoro

1 komentar:

  1. Kirain si Pitung cuma kisah dongeng Betawi aja. Ternyata beneran ada ya barang bukti nya.jadi pengen berkunjung ke Jakarta lagi..

    BalasHapus